apa itu total quality management

Total quality management melibatkan peningkatan berkelanjutan, memanfaatkan data dan metrik untuk membuat keputusan yang tepat, menumbuhkan budaya kerja sama tim dan inovasi, dan menyelaraskan strategi dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini kualitas merupakan bagian integral dari setiap aspek operasi, dengan meningkatkan kualitas dapat memberikan keunggulan dalam produk, layanan, dan proses internal. Dalam penerapan TQM (total quality management) terdapat beberapa konsep dan unsur yang harus dipahami supaya penerapan total quality management dapat dilakukan secara efektif. Selain penerapan TQM dalam bisnis, Anda juga harus mengetahui apa saja peraturan K3 di Indonesia supaya dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari segala risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi

Konsep Total Quality Management (TQM)

Total quality management adalah konsep strategis yang bertujuan untuk mencapai peningkatan berkelanjutan di semua elemen dan fungsi perusahaan. Konsep ini berfokus pada pencapaian kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas di seluruh aspek operasi, mulai dari desain dan pengembangan hingga produksi, layanan, dan dukungan. Karyawan adalah bagian penting dari proses ini, dan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas dan mengembangkan proses. Berikut beberapa konsep total quality management

  • Manajemen perusahaan akan berkomitmen untuk terlibat penuh dalam memberi dukungan dari atas ke bawah.
  • Fokus TQM, antara lain konsumen, internal, dan eksternal.
  • Melibatkan dan memberdayakan seluruh sumber daya perusahaan secara efektif.
  • Perbaikan secara berkelanjutan dari seluruh proses bisnis dan proses produksi.
  • Melibatkan para suppliers sebagai mitra kerja.
  • Menentukan sistem pengukuran untuk semua proses produksi dan bisnis.

Unsur Total Quality Management (TQM)

Berikut beberapa unsur total quality management yang harus diketahui, seperti : 

  1. Fokus pada Pelanggan

Pelanggan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan, oleh karena itu perusahaan harus meningkatkan kualitas produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  1. Keterlibatan Karyawan

Karyawan merupakan sumber daya yang penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan harus melibatkan karyawan dalam seluruh kegiatan karena dapat mendukung peningkatan kualitas yang berkesinambungan di dalam perusahaan.

  1. Fokus pada Proses

Proses merupakan langkah yang panjang dalam kegiatan operasional perusahaan. Proses juga merupakan bagian penting, oleh karena itu perusahaan harus melakukan proses sesuai standar supaya dapat meningkatkan kualitas.

  1. Integrasi Sistem

Sistem yang terintegrasi harus dikomunikasikan oleh semua elemen perusahaan mulai dari karyawan hingga top manajemen sehingga dapat tercipta kerja sama yang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Pendekatan Strategi

Pendekatan strategi bertujuan untuk membuat langkah efektif untuk mencapai strategi perusahaan secara menyeluruh

  1. Peningkatan Berkelanjutan

Total quality management dapat mendorong perusahaan untuk melakukan evaluasi dan analisis yang efektif sehingga dapat menciptakan strategi efektif untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

  1. Komunikasi

Komunikasi harus dikelola dengan baik karena komunikasi yang baik menjadi kunci penting dalam keberhasilan bisnis, selain itu komunikasi yang baik juga dapat meningkatkan motivasi karyawan.

  1. Mengambil Keputusan dengan Fakta 

Total quality management mengharuskan perusahaan untuk mengumpulkan data, data ini akan dianalisis sehingga dapat menghasilkan kebijakan atau keputusan yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Temukan Solusi kebutuhan perusahaan Anda
Dapatkan detail konsultasi beserta penawaran menariknya

Untuk penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami!

Comments are disabled.