perbedaan cyber attack dan cyber crime

Pertumbuhan teknologi yang pesat dalam era digital saat ini telah memunculkan peningkatan serangan siber yang signifikan. Penggunaan teknologi digital secara luas oleh organisasi telah membuatnya menjadi sasaran potensial, dengan informasi sensitif dan penting sering disimpan dalam bentuk digital.

Apa itu Cyber Attack?

Cyber attack merujuk pada  setiap kegiatan peretas yang dilakukan dengan menggunakan peralatan, jaringan komputer, atau kode komputer yang memiliki sifat merusak dan dapat digunakan untuk merubah, mengganggu, menutup akses, mengurangi kinerja, atau merusak file komputer, jaringan komputer, atau komputer itu sendiri yang dilakukan secara sengaja dan melawan hukum

Baca juga : Tips Menghadapi Tantangan dan Ancaman Cyber Security di Indonesia

Contoh kasus cyber attack

Dikutip dari finansial.bisnis.com pada tahun 2021 kredivo sempat mendapatkan serangan phishing dimana para pengguna Kredivo yang menjadi korban tersebut masuk ke perangkap peretas setelah dihubungi via telepon, dengan alasan memberikan promo, bonus, atau hadiah. Tak lama kemudian, yang didapat para korban justru tagihan yang membengkak atas pembelian barang via platform e-commerce.

Apa itu Cyber Crime?

Cyber crime adalah aktivitas kriminal yang menargetkan atau menggunakan komputer, jaringan komputer, atau perangkat jaringan. Sebagian besar kejahatan siber dilakukan oleh penjahat siber atau peretas yang ingin menghasilkan uang. Namun, terkadang kejahatan siber bertujuan untuk merusak komputer atau jaringan dengan alasan selain keuntungan. Ini bisa bersifat politis atau pribadi. Kejahatan dunia maya dapat dilakukan oleh individu atau organisasi. Beberapa penjahat siber terorganisir, menggunakan teknik-teknik canggih dan sangat terampil secara teknis. 

Baca juga : Pahami Konsep dan Metode Ancaman Cyber Security di Indonesia 

Contoh kasus cyber crime

Pada tahun 2020 lalu, terjadi kasus pencurian data dan kebocoran informasi sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia. Data yang diperjualbelikan meliputi User ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone dan password dari pengguna aplikasi tersebut. 

Perbedaan cyber attack dan cyber crime

perbedaan cyber attack dan cyber crime

Baca juga : Cyber Security dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Comments are disabled.