implementasi iso 27001

Informasi merupakan salah satu asset kritikal yang perlu dijadikan prioritas dalam memastikan perkembangan bisnis Perusahaan. Dalam hal ini manajemen pengelolaan informasi perlu dijadikan sebagai prioritas karena seringkali dikaitkan dengan kredibilitas Perusahaan serta mempengaruhi kelangsungan hidup sebuah bisnis. Sehingga dibutuhkan standard yang mendukung optimasi pengelolaan informasi yang efektif dan efisien. ISO 27001 adalah salah satu standard yang direkomendasikan untuk diterapkan Perusahaan dalam rangka memastikan efektifitas pengelolaan informasi.

ISO 27001 merupakan salah satu standarisasi internasional yang menetapkan standar untuk mengimplementasikan sistem manajemen keamanan informasi atau dikenal dengan ISMS (Information Security Management System).  Standard ini baru saja diperbarui pada oktober 2022 untuk menggantikan versi sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2013.

Sertifikasi ISO 27001 menjadi bukti bahwa perusahaan Anda mampu mengelola, mengendalikan serta menjaga risiko keamanan informasi perusahaan yang mencakup kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas.

3 Alasan Perusahaan harus mengimplementasikan ISO 27001.

  1. Meningkatkan keunggulan kompetitif Perusahaan

    Perusahaan yang mengimplementasikan ISO 27001 memiliki added value yang lebih dibandingkan dengan para pesaingnya. Selain itu, Perusahaan yang tersertifikasi ISO 27001 akan mendapatkan focus para pelanggan karena telah secara proaktif merespons ancaman informasi dengan mengadopsi praktik terbaik untuk meminimalkan dampaknya. Sertifikasi ISO 27001 dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda serta membuka peluang bisnis untuk kepentingan perkembangan perusahaan.
  2. Menghindari kerugian finansial karena kebocoran data

    Implementasi ISO 27001 dapat membantu Perusahaan meminimalisir kerugian finansial akibat kebocoran data. Berdasarkan penelitian, bahwa kebocoran data tidak hanya berpengaruh pada reputasi perusahaan saja, namun juga finansial.
    International Business Machines Corporation atau IBM mencatat bahwa rata-rata kerugian biaya yang diakibatkan pelanggaran data (data breach) di dunia mencapai US$4,24 juta pada 2021. Jumlah tersebut meningkat 9,84% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar US$3,86 juta. Pada tahun 2022 biaya tersebut meningkat sebesar USD 4,35 juta. Sedangkan Biaya rata-rata pelanggaran data mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2023 sebesar USD 4,45 juta.
  3. Memperkuat struktur organisasi

    Implementasi ISO 27001 akan memperkuat struktur organisasi perusahaan. Standard ini memberikan pedoman untuk menentukan garis koordinasi yang jelas dan tepat, mulai dari pembuat keputusan, pemegang tanggung jawab atas aset informasi serta yang bertanggung jawab atas akses ke informasi.

Baca juga: Tujuan ISO 27001 dan kaitannya dengan Pengamanan Aset Informasi Perusahaan

Terra Solusi kebutuhan perusahaan Anda
Dapatkan konsultasi ISO dengan penawaran terbaik

Untuk penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami!

Comments are disabled.