pusat data nasional ransomware

Serangan ransomware telah menjadi salah satu ancaman siber paling serius di era digital. Server data Indonesia kembali mendapat serangan ransomware pada 20 Juni 2024 dengan menargetkan Pusat Data Nasional yang mengancam informasi dan data penting yang dilindungi negara. Insiden pada PDS ini melibatkan serangan siber dalam bentuk ransomware dengan nama Brain Cipher Ransomware yang merupakan pengembangan terbaru dari ransomware lockbit 3.0. 

Dampak serangan server PDN sangat luas, terutama terhadap layanan keimigrasian. Dimana layanan imigrasi di sejumlah bandara tersendat dan seluruh autogate tidak berfungsi hingga serangan PDN diselesaikan. Dibalik serangan tersebut, diketahui terdapat permintaan uang tebusan dari peretas sebesar 8 Juta Dolar.

Baca juga : Peran Kunci ISO 27001 dalam Melindungi Data Nasabah: Apa Pentingnya?

Mengenal Lebih Dekat Serangan Ransomware 

Ransomware bisa menjadi serangan siber yang berbahaya jika perusahaan tidak memiliki sistem keamanan yang efektif dalam melindungi data dan informasi yang tersimpan dalam sistem. Selain itu, ransomware bekerja dengan mengunci atau mengenkripsi file sehingga perusahaan tidak bisa lagi mengaksesnya. Nantinya, peretas akan meminta sejumlah uang tebusan dalam bentuk mata uang kripto kepada korban untuk memulihkan akses ke file yang terkunci. Hal ini tentu menyebabkan kerugian finansial yang besar dan gangguan operasional yang signifikan.

ISO 27001 Solusi Keamanan Informasi

Serangan ransomware bisa diminimalisir jika perusahan mempunyai sistem keamanan yang kuat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengadopsi standar ISO 27001. ISO 27001 merupakan pedoman internasional untuk membantu perusahaan menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi. Dengan kerangka kerja yang efektif, perusahaan dapat melindungi aset informasinya dari berbagai risiko yang merugikan dan dapat mengganggu operasional bisnis.

Baca juga : Meningkatkan Keamanan Perusahaan dengan Deteksi dan Pencegahan Risiko Keamanan Informasi di Era Digitalisasi

Pentingnya Konsultasi ISO 27001

Sebelum mengadopsi standar ISO 27001, perusahaan harus melakukan implementasi sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) sesuai persyaratan ISO 27001. Dengan standarnya, proses penerapan ISO 27001 di perusahaan tentu akan menghadapi berbagai tantangan dan cukup memakan waktu lama. Jika perusahaan memiliki target Sertifikasi ISO 27001, hal tesebut tentu akan menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan perusahaan. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Terra Solusi Asia sebagai konsultan ISO 27001 hadir sebagai solusi terbaik untuk Perusahaan.

Konsultan ISO 27001 adalah tenaga ahli profesional dan berpengalaman dalam membantu perusahaan mengimplementasikan standar keamanan informasi sampai memperoleh sertifikasi dari lembaga terpercaya. Dengan bantuan konsultan perusahaan akan mendapatkan bantuan dalam menghadapi tantangan implementasi sistem dan memperoleh sertifikasi dalam waktu yang relatif lebih cepat. Berikut peran penting konsultan sebagai kunci keberhasilan implementasi SMKI ISO 27001.

  1. Mengumpulkan informasi tentang perusahaan, termasuk tujuan, lingkungan operasional, struktur organisasi, dan aset informasi yang perlu dilindungi.
  2. Konsultan ISO akan menggunakan kerangka kerja dan metode yang sesuai untuk mengevaluasi tingkat risiko dan menghasilkan penilaian risiko yang komprehensif.
  3. Merancang sistem manajemen keamanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  4. Mengidentifikasi kontrol keamanan teknis dan organisasional yang diperlukan.
  5. Memberikan pelatihan kepada personel perusahaan tentang kebijakan dan prosedur keamanan informasi.
  6. Melakukan audit internal atau eksternal untuk memastikan kepatuhan terhadap standar ISO 27001.

Segera lindungi dan tingkatkan keamanan informasi Anda bersama Terra Solusi Asia. Dengan konsultan profesional dan berpengalaman dibidangnya, Kami siap membantu Anda melakukan implementasi ISO 27001 dan mendapatkan sertifikasinya. Diskusikan kebutuhan Anda dengan kami dan dapatkan informasi serta penawaran menarik lainnya!

Baca juga : Peran Kepemimpinan dalam Menjamin Keberhasilan Implementasi ISO

 

Temukan Solusi kebutuhan perusahaan Anda
Dapatkan detail konsultasi beserta penawaran menariknya

Untuk penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami!

Comments are disabled.