perbedaan iso 22301 dan iso 27001

Dalam lanskap bisnis yang berkembang pesat saat ini, mempertahankan standar kualitas, keamanan, dan kepatuhan yang tinggi adalah hal yang terpenting. Bisnis di seluruh dunia terus berusaha untuk memenuhi tuntutan ini sambil memastikan operasi mereka efisien dan berkelanjutan. Oleh karena itu standar ISO memainkan peran penting dalam membantu organisasi mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Standar ISO yang sesuai untuk memastikan keberlangsungan bisnis yaitu ISO 22301. Selain itu, standar yang sedang populer dan sesuai dengan kebutuhan saat ini adalah ISO 27001 yang terkait dengan keamanan informasi.  Apa perbedaan antara ISO 22301 dengan ISO 27001? simak penjelasan berikut ini!

Baca juga : Efektivitas perlindungan data dengan ISO 27001

Mengenal ISO 22301

ISO 22301:2019 berfokus pada sistem manajemen kesinambungan bisnis. Standar ini merupakan standar internasional yang diterbitkan oleh organisasi internasional untuk standardisasi (ISO) dan menjelaskan cara mengelola keberlangsungan bisnis dalam suatu organisasi. Selain itu, standar ini ditulis oleh para ahli kelangsungan bisnis terkemuka dan memberikan kerangka kerja terbaik untuk mengelola kelangsungan bisnis dalam suatu organisasi.

Salah satu fitur yang membedakan standar ini dengan kerangka kerja/standar keberlangsungan bisnis lainnya adalah bahwa organisasi dapat disertifikasi oleh lembaga sertifikasi yang terakreditasi. Sehingga organisasi dapat membuktikan kepatuhannya kepada pelanggan, mitra, pemilik, dan pemangku kepentingan lainnya.

Mengenal ISO 27001

Standar ISO/IEC 27001:2022 memberikan panduan bagi perusahaan dari berbagai ukuran dan semua sektor bisnis untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

Kesesuaian dengan ISO/IEC 27001 berarti bahwa suatu organisasi atau bisnis telah menerapkan sistem untuk mengelola risiko yang terkait dengan keamanan data yang dimiliki atau ditangani oleh perusahaan, dan bahwa sistem ini menghormati semua praktik dan prinsip terbaik yang tercantum dalam standar internasional ini.

Baca juga : Langkah-langkah penanganan risiko ISO 27001

Perbedaan ISO 22301 dan ISO 27001

perbedaan iso 22301 dan iso 27001

Temukan Solusi kebutuhan perusahaan Anda
Dapatkan detail konsultasi beserta penawaran menariknya

Untuk penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami!

Comments are disabled.