sistem manajemen anti penyuapan iso 37001

Sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001 adalah sebuah standar yang dirancang oleh badan standarisasi internasional ISO untuk menanamkan budaya anti penyuapan dalam perusahaan dan menerapkan kontrol yang tepat sehingga akan meningkatkan peluang untuk mendeteksi dan mengurangi risiko terkait korupsi dan penyuapan. 

ISO 37001 berisi sejumlah persyaratan dan panduan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. Sistem ini dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan ke dalam sistem sistem manajemen secara keseluruhan. 

ISO 37001 dapat diterapkan oleh semua jenis perusahaan dan sektor bisnis di seluruh dunia. Lingkup ISO 37001 mencakup penyuapan di sektor publik, swasta, dan sektor nirlaba, termasuk penyuapan oleh dan terhadap organisasi atau stafnya, dan suap yang dibayarkan atau diterima melalui atau oleh pihak ketiga.

Baca juga : 3 Tujuan Utama Perbelakuan SNI!

Tujuan Kebijakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Berikut 8 tujuan dan manfaat kebijakan penerapan ISO 37001, seperti: 

  1. Meningkatkan dan mempertahankan reputasi perusahaan

Menjaga reputasi harus dilakukan oleh perusahaan karena hal ini berkaitan dengan citra dan penilaian masyarakat pada suatu perusahaan. Dengan menerapkan ISO 37001 menunjukkan kepatuhan dan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang bersih dari risiko korupsi dan penyuapan sehingga dapat meningkatkan reputasi.

  1. Meningkatkan kredibilitas

Jika citra perusahaan sudah terjaga dengan baik dan mempunyai nilai positif dimata konsumen, maka tingkat kepercayaan dan kredibilitasnya juga akan meningkat.

  1. Meminimalisir pengeluaran biaya yang tidak perlu

Perusahaan yang terkena kasus penyuapan akan mengalami kerugian karena perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menangani permasalahan tersebut.  Penerapan ISO 37001 dapat menekan pengeluaran biaya yang tidak perlu dengan membangun dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan.

  1. Memberikan penanganan yang tepat jika terjadi penyuapan

ISO 37001 selaku standar yang memberikan pedoman untuk sistem manajemen anti penyuapan akan membantu perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan dan strategi tepat untuk meminimalisir risiko penyuapan.

  1. Meningkatkan sistem manajemen perusahaan

Menerapkan ISO 37001 dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. Selain itu, perusahaan yang telah menerapkan ISO 37001 akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memitigasi penyuapan.

  1. Menciptakan perusahaan yang bertanggung jawab

Perusahaan yang telah menerapkan standar ISO 37001 akan menciptakan budaya kerja yang sehat. Hal ini akan membuat perusahaan lebih bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan sesuai dengan standar sistem manajemen anti penyuapan.

  1. Pemantauan dan pengelolaan risiko perusahaan

Penerapan ISO 37001 tidak terlepas dari seluruh peran manajemen puncak sampai karyawan yang secara aktif berpartisipasi dalam mencegah kasus suap di lingkup bisnis, sehingga pemantauan dan pengelolaan risiko menjadi lebih efektif.

  1. Mendapatkan pengakuan dari dunia internasional

ISO 37001 dapat meningkatkan peluang perusahaan dalam bersaing di lingkup internasional. Perusahaan yang telah menerapkan ISO 37001 dinilai mampu menunjukkan komitmen menjaga lingkup bisnis dari risiko penyuapan.

Baca juga : SMAP ISO 37001 dan Ruang Lingkupnya

Temukan Solusi kebutuhan perusahaan Anda
Dapatkan detail konsultasi beserta penawaran menariknya

Untuk penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami!

Comments are disabled.